Monday, August 18, 2008

LORD OF THE RING - ebook

Karakter dalam LOTR

Cukup banyak karakter yang muncul dalam LOTR ini. Dalam triloginya ini Tolkien menciptakan beberapa jenis karakter.

1. Hobbit

Makhluk ini berukuran cukup mungil, tingginya antara 2-4 kaki (sekitar 60-120 cm). Mereka punya kuping lancip dengan ukuran kaki yang besar. Telapak kaki mereka cukup keras sehingga mereka tidak membutuhkan sepatu. Hobbit sangat suka makan (mereka makan enam kali sehari), mengisap pipa dan berkebun.

Karakter umum Hobbit adalah penakut dan tidak suka berpetualangan. Mereka umumnya tidak mempercayai dunia di luar Hobbiton. Well, ini agak berbeda dengan karakter Frodo yang serba ingin tahu. Dalam LOTR ada lima hobbit yang sering muncul. Pertama adalah Bilbo Baggins. Dia adalah hobbit yang memiliki cincin yang ternyata adalah cincin utama. Cincin ini diberikannya pada sang keponakan, Frodo Baggins. Frodo merupakan tokoh utama dalam LOTR karena pembawa cincin ditemani oleh tiga hobbit yang lain (Sam, Merry, dan Pippin).

Walau bentuknya tidak seperti hobbit, tapi Gollum dulunya adalah hobbit bernama Smeagol. Sebelum Frodo, dia juga pernah jadi pembawa cincin. Gollum mencuri cincin itu dari saudaranya yang menemukan cincin itu dari dasar Sungai Anduin. Kekuatan cincin membuat Gollum tetap hidup tapi juga secara perlahan membuat wujudnya jadi mengerikan.

2. Manusia

Manusia adalah makhluk yang mortal dan berkembang biak lebih cepat dari makhluk yang lain. Makanya mereka adalah kelompok yang paling dominan di middle-earth. Kecepatan berkembang biak mereka hanya terkalahkan oleh Orc. Manusia tidak bisa membaca pikiran orang lain, tidak bisa melihat masa depan dan tidak seterampil makhluk lain dalam mencipta dan berpengetahuan. Dalam LOTR kita kenal Aragorn dan Boromin.

Aragorn adalah kepala suku terakhir di Dunedain yang dianugerahi umur tiga kali lebih panjang dari manusia normal. Dia dibesarkan oleh Elrond dan kemudian jatuh cinta dengan anak cewek Elrond, Arwen. Tapi Elrond enggak memberi restu sampai Aragorn resmi menjadi King of Arnor dan Gondor.

Boromin juga Lord Dunedain dan anak tertua dari Denethor II yang memerintah Gondor. Karena bermimpi tentang suatu ramalan, Boromin segera pergi ke Rivendell (kota bangsa peri) untuk mencari petunjuk dan akhirnya bergabung sebagai pasukan pembawa cincin.

3. Elves (bangsa peri)

Elves adalah makhluk yang immortal (tida bisa mati) dan secara fisik tidak pernah terlihat tua. Semakin tua umurnya, semakin bijaksana dan cantik. Elves adalah makhluk paling cantik di middle-earth. Bangsa peri yang kita kenal antara lain, Arwen Evenstar, putri dari Elrond. Arwen jatuh cinta para Aragorn. Walau tidak mendapat restu dari ayahnya, Arwen tetap married dengan Aragorn yang berarti mengubah nasibnya menjadi mortal.

Selain itu ada juga Galadriel, ratu Lothorien (peri hutan). Galadriel memberikan perlindungan pada para pembawa cincin. Dan yang terakhir adalah, Legolas. Dia adalah pangeran peri yang punya keahlian menggunakan panah dan bermata tajam.

4. Kurcaci

Mereka adalah makhluk dengan tinggi antara 4 -5 kaki (sekitar 120-150 cm). Kurcaci cowok memiliki janggut yang panjang. Secara fisik mereka gempal, kuat, dan tahan api. Mereka adalah perajin, penggali tambang, dan bisa menghasilkan kerja yang baik bila berhubungan dengan batu, besi dan berlian. Saat perang, kurcaci lebih memilih kampak sebagai senjatanya. Satu-satunya kurcaci yang ikut dalam rombongan pembawa cincin adalah Gimli. Ayahnya terbunuh dalam perang sebelumnya.

5. Penyihir

Ada lima penyihir yang dikirim ke middle-earth untuk pelindung dari kekuatan jahat. Tapi yang banyak diceritakan adalah Gandalf dan Saruman. Secara fisik mereka mirip seorang kakek tua. Walau geraknya lambat tapi memiliki tenaga fisik dan pikiran yang besar. Setiap penyihir memiliki warna dan tingkat kebijaksanaan yang berbeda. Warna putih adalah tingkatan tertinggi dan abu-abu adalah tingkatan terendah. Walau hebat, penyihir tidak boleh menguasai middle-earth. Dan inilah yang dilanggar oleh Saruman dan dia bergabung dengan kekuatan jahat.

6. Orc

Orc hanya mendapat kebahagiaan saat yang lain menderita. Mereka adalah prajurit yang kejam, kanibal, memiliki darah berwarna hitam dan lemah bila ada sinar matahari. Secara fisik penampilan Orc memang mengerikan; bungkuk, berkulit kasar, dan kadang memiliki taring. Ukuran mereka hampir mirip dengan ukuran manusia dan Orc adalah tentara Sauron.

7. Urk-Hai

Urk-Hai adalah Orc ciptaan Sauron. Mereka seukuran manusia yang paling tinggi, berkulit hitam dan warna darahnya hitam. Mereka lebih besar, lebih kuat, dan lebih kejam dari manusia. Tujuan mereka hanyalah untuk membunuh. Mereka juga tidak lemah bila ada sinar matahari.

0 comments: